Awal saya tahu acara workshop dan seminar Data Science Days adalah saat dating ke acara ICT EXPO pada tanggal 21 Oktober 2016. Pada acara itu ada perkenalan fakultas yang ada di Telkom University. Saat itu saya pun mendengar tentang FEB dan kebetulan pada bulan November ada FEB mengadakan Data Science Days (DSD). Dari awal saya mengetahui ada DSD itu saya tertarik untuk hadir terutama hadir pada saat workshopnya. Dan saya memesan tempat untuk menghadiri workshop. Harapan saya dengan hadir workshop DSD, saya dapat lebih mengetahui aplikasi big data pada kegiatan bisnis. Selama ini saya masih bingung apa guna dari big data pada bisnis, setelah hadir jadi mengerti aplikasi big data pada bisnis.

Pada workshop DSD saya mendengar sekitar 6 pembiacara. Ada Kak Raden Johannes, Kak Athifah Shofaa, Kak Prass, Kak Adit dan Kak Rumi, dan satu lagi saya lupa pembicaranya. Dari enam pembicara tersebut saya tertarik dengan topic “Analisis Penukuran Top Brand Menggunakan Metode Social Network (Case Stuudy: Supermarket Chain) dengan pembicara Kak Athifah Shofaa.

Pada topic itu memiliki beberapa latar belakang yaitu:

  • Data yang diambil dari twitter karena pengguna ketiga terbesar setelah Facebook dan WhatsApp.
  • Open data. Maksud dari open data adalah saat kita mengetik keyword yang ada. bukan hanya profil dan hastag yang muncul tapi juga semua yang mengandung kata itu.
  • Memilih retail franchise karena persaingan antar retail franchise yang ketat
  • Ingin melihat yang lebih unggul di media social karena berdasarkan Top Brand Alfamart lebih unggul.
  • Dengan melakukan kuisoner data yang diambil memakan waktu yang lebih lama dan biaya yang mahal.

big-data-workshop

7 Properti yang diambil:

  1. Size: jumlah actor dan hubungan
  2. Density: Kerapatan hubungan
  3. Modularity: mendeteksi pembentukan kelompok dan jumlahnya
  4. Diameter: jarak terbesar actor.
    semakin dekat semakin baik. semakin sedikit juga semakin bagus karena penyebaran informasi akan semakin lambat apabila jaraknya semakin jauh atau banyak.
  5. Average degree: rata-rata jumlah hubungan yang dimiliki oleh actor.
  6. Average path length
  7. Clustering Coefisient

Proses Analisis Data

proses-analisis-data

Menurut saya acara worshop kemarin sudah bagus. Membuat kita khususnya mahasiswa dan mahasiswi prodi MBTI jadi lebih mengerti tentang big data, mendapatkan juga inspirasi dari senior yang sudah mengambil skripsi atau tugas akhirnya dengan menggunakan big data. Namun sangat disayangkan acara yang direncanakan mulai jam setengah 1 atau jam 1 mulainya menjadi mulai jam setengah 2 dan banyaknya peserta yang pulang setelah 1 topic pertama dijelaskan karena mahasiswa atau mahasiswi yang hadir rata-rata dating hanya untuk mendapatkan minimal 1 topic untuk dilaporkan dalam bentuk mereka. Sehingga belum sampai akhir acara, peserta yang masih bertahan tersisa sangat sedikit. Namun, acara ini juga memberikan manfaat untuk mahasiswa dan mahasiswi prodi MBTI tapi juga jurusan lain, seperti teman saya dari informatika yang dapat mengambil inspirasi untuk tugas akhirnya (TA).

 

